24 Desember 2012

Hei Jokowi, Tempat Sampah Gue Penuh, Kuras Gih!

Meneriaki Gubernur seperti itu kedengaran tidak enak dan tidak sopan. Tapi itulah inti sebenarnya dari jeritan hati warga bantaran yang suka membuang sampah ke dalam sungai.

Andai saya termasuk orang yang setiap pagi (dan sore) melempar sekeresek sampah  ke tengah sungai, lalu suatu ketika berlagak heran kenapa sungai jadi sangat kotor, mampet dan meluap, maka teriakan macam itulah yang saya lemparkan pada gubernur yang tak becus membersihkan tempat sampah.. eh.. sungai saya.

Iya sinting. Tapi warga perumahan atau perkampungan kumuh tanpa solusi sampah, mau buang sampah ke mana? Jangankan pemukiman kumuh, yang tidak kumuh juga banyak yang primitif tanpa solusi sampah.

Ini pengalaman pribadi. Di daerah Tangerang tempat saya sering numpang makan, warga kompak buang sampah di lahan kosong dekat SD. Jadi guru dan anak-anak selalu belajar sambil aroma terapi. Kadang tukang sampah inisiatif bikin aksi pembakaran. Jadi bukan hanya gratis aroma terapi, murid dan guru juga menikmati terapi asap. Padahal yang sekolah di situ ya anak-anak mereka sendiri lho, bukan anaknya musuh.

Di kitaran Bogor coret tempat saya numpang tidur, dulunya warga turun-temurun buang dan bakar sampah di tengah jalan. Baru sejak jalan dihotmix dan berubah jadi jalan alternatif untuk orang-orang kaya dari Jakarta yang ingin liburan ke villa, warga  jadi buang sampah ke selokan pinggir jalan. Setiap sore dibakar kalau tidak hujan. Karena ini bukit, tiap hujan deras sampah hanyut ke bawah. Kami 'warga atas' senang karena tempat sampah kembali bersih, persetan dengan warga di bawah sana yang sibuk mengutuki sampah sambil membersihkan gorong-gorong tersumpal sampah kiriman kami. Oh, kami juga tidak sudi patungan bayar tukang sampah. Bahkan lurah kami juga tidak peduli dengan urusan sampah, malah sibuk bisnis properti.

Di Depok, tempat saya sering numpang tidur siang sambil kepanasan, orang-orangnya agak lebih beradab. Tidak semua orang berani buang sampah ke rawa, karena itu tempat warga menanam dan memancing ikan. Banyak warga pilih bayar pemungut sampah yang tiap pagi ambil sampah yang disiapkan di depan setiap rumah, lalu dibuang entah ke mana, mungkin ke provinsi lain. Sebagian warga yang masih biadab tetap tidak merasa perlu bayar tukang sampah, karena mereka masih bebas buang sampah ke selokan-selokan dan lahan kosong.

Kalau Jakarta tempat saya numpang lewat sih memang kelihatannya bersih (kecuali bagian sungai). Tapi sampahnya dibuang ke mana ya? Bogor kah?


Jadi, Guh, inti dari cerita sampah ga jelas ini apa?

Masalah sampah itu tak bakal selesai kalau solusinya parsial. Seperti 'warga bawah' yang walaupun hidup bersih tetap juga kebanjiran karena 'warga atas' masih saja biadab. Sampah harus dijadikan masalah umat, masalah nasional, dan sekalian global.

Pemerintah harusnya kompak, dari pusat sampai RT hingga tingkat kepala keluarga harus diberi penyadaran soal pentingnya solusi sampah. Pemimpin jangan hanya sibuk bisnis sendiri sampai warga tak terurus.

Ulama juga jangan cuma bisanya berisik mainan TOA atau bikin pengajian sambil merokok meracuni umat. Apalagi yang di MUI sana, daripada bikin fatwa memecah belah warga, lebih baik bikin fatwa "Pembuang Sampah Sembarangan adalah musuh Islam." Karena toh jelas-jelas buang sampah itu membahayakan keselamatan umat manusia.

Dan setiap komunitas harusnya diajari untuk bertanggung jawab atas sampahnya sendiri. Orang komplek tidak boleh seenaknya buang sampah di kampung sebelah. Orang bantaran tidak boleh seenaknya lempar sampah ke sungai. Orang Jakarta tidak boleh seenaknya jajan makanan terbungkus plastik lalu bungkusnya dilempar ke Bogor atau Banten.

Limbah organik mestinya bisa diselesaikan ditingkat keluarga dengan pengomposan di lubang-lubang biopori, atau yang tanahnya telanjur dibeton semua bisa keroyokan di level RT. Baru deh sampah plastik dan limbah berbahaya ditangani oleh pihak yang lebih berkompeten.

Setiap orang harus tahu dan merasakan repotnya mengurusi sampah biar tidak lagi sembarangan nyampah. Setiap anak harus bisa memilih jajanan yang sampahnya paling minim sampah.

Gitu.

Iya, ngomong gampang, pelaksanaannya gimana dan dari mana?

Ya... Bisa mulai dari mengganti para pemimpin yang tutup mata terhadap persoalan sampah. Jangan cuma nanya, bantu mikir dan aksi juga dong, saya dah bantu nulis tuh :P

10 komentar:

  1. Saya juga udah bantu komen ini. *sebarin di twitter*

    BalasHapus
  2. Ho oh... telo tenan tuh warga yg suka buang sampah dan koar2 seolah ini salah pemerintah. Mbok yaaa kreatif bikin tempat sampah atau bikin kompos... #eh #sotoydehgw

    BalasHapus
  3. Saya juga udah bantu komen, hahahaaa (^o^)9

    BalasHapus
  4. ngurus sampah memang ruwet. semoga ada solusi :)

    BalasHapus
  5. Saya sudah bantu doa dan mengeluh. Sip kan?

    BalasHapus
  6. terima kasih untuk bantuannya :))

    BalasHapus
  7. siiip. Sekarang gimana caranya membuat Tuhan mengabulkan doa itu.

    BalasHapus
  8. barangkali yang tinggal di sekitar "tempat sampah" itu musti giliran ngerasain dipekerjakan untuk pungutin kembali semua sampahnya sampe bersih total.

    jadi begitu ada lagi yang buang "sampah baru" secara sembarangan, yang pernah merasakan bersihin "tempat sampah" itu kemungkinan bakalan ngamuk-ngamuk (rame-rame) terus ngejar-ngejar pelakunya, n berikutnya ikut proaktif mengultimatum "dilarang buang sampah sembarangan".

    BalasHapus
  9. iya idealnya begitu. Setiap warga ada rasa memiliki dan ikut bertanggung jawab terhadap sungai dan lingkungan, jadi kalau ada pembuang sampah sembarangan, bisa tampak sebagai musuh bersama, ancaman serius yang harus segera dihentikan. Sayangnya selama ini tiap kita lihat ada orang buang sampah ke sungai atau sembarang tempat, apa bisa kita cegah? apa berani kitanya? Lha yang buang sampah sembarangan lebih banyak dari yang waras.

    Karena kebanyakan kita adalah warga yang males mikir dan lebih suka bertaklid buta, mulainya ya harus dari pemimpin, bikin aturan dan sanksi tegas, dan ulama juga perlu ikut bikin fatwa biar agama bisa segera bermanfaat untuk menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  10. Entah dg ganti pemimpin bisa menjamin sungai jd lebih bersih. Atau jakarta jd bebas banjir. Kecuali pemimpin tsb Jin-nya aladdin atau punya alat2 kantong ajaibnya doraemon. Penyebab banjirnya pun bukan krn sampah disungai aja. Ada byk hal spt: letak geografis jakarta, alih-fungsi daerah resapan air di jabodetabek, apakah org dr atas sana (tidak) mbuang sampahnya ke sungai, pinggiran sungai di jakarta yg jd alih fungsi mjd pemukiman penduduk (kumuh pulak). Knp pd tinggal dipinggir sungai kalau udh tau dilarang dan berbahaya? Mgk krn urbanisasi, mereka 'terpaksa' tinggal disana bangun bedeng seadaanya, dll-dsbg-dst. Dirunut2 ya ruwet sumbernya. Yg jelas sih, kembalikan fungsi daerah resapan air dan sungai spt org2 Belanda dulu buat. Yg pastinya bukan sbg fungsi tempat penampungan sampah. Mdh2an abis ni musibah, Jakartans tau diri utk pindah dr itu pinggir kali, ga sembarangan buang sampah, dan pemimpin mau iklhasin duit yg bisa dikorupsiin disalurkan bener2 bikin comberan raksasa (dprd rumah mewah+mobil milyarannya kerendem kek cucian dekil)

    You get what you give, kata Tuhan. You don't like me when I'm angry, sambungNya.

    BalasHapus